Cara Membuka File Zip dan Cara Ekstrak File Zip di Windows

Cara membuka file zip merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap pengguna komputer. Terlebih bagi mereka yang sering beraktivitas di dunia internet.

File zip akan sering kita temukan ketika sedang mendownload file yang berada di internet. Karena hampir sebagian besar file-file yang tersedia di internet, masih dalam bentuk file archive berekstensi zip.

File archive berekstensi zip biasanya berupa file tunggal yang mengandung satu atau beberapa file di dalamnya. File zip dibentuk melalui metode kompresi atau pemampatan data.

Itulah mengapa file zip tidak dapat langsung digunakan. karena memang file zip hanyalah sebuah wadah untuk menampung beberapa file-file yang akan di distribusikan melalui internet.

Tujuannya adalah untuk mempermudah proses upload dan download antara penyedia file dan penerima file.

Jika anda menerima sebuah file dalam bentuk zip maka sebelum dapat menggunakannya, anda harus terlebih dahulu membuka file zip tersebut .

Lantas, bagaimana cara membuka file zip di laptop Windows?

Untuk buka file zip di laptop tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun sebelumnya, pernahkah anda mendengar istilah tentang cara ekstrak file zip ?

Jika pernah maka perlu diketahui bahwa cara ekstrak file zip sebenarnya memiliki arti yang berbeda dengan cara membuka file zip.

Ketika membuka file zip sebenarnya kita hanya melihat isi dari file zip. Sedangkan ketika mengekstrak file zip maka kita akan mengeluarkan isi dari file zip tersebut.
Setidaknya ada dua cara membuka dan mengekstrak file zip yang akan kita lakukan dalam artikel ini yaitu :

  • Membuka file zip dan ekstrak file zip menggunakan Windows Explorer
  • Buka file zip dan ekstrak zip menggunakan 7Zip (program pengelola archive).

Keduanya dapat dijadikan referensi untuk menangani file-file zip. Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah untuk digunakan.

2 Cara membuka file zip dan mengekstrak file zip tersebut adalah sebagai berikut :

1. Cara Membuka File Zip Menggunakan Windows Explorer

Sistem operasi Windows, baik Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10 telah mendukung file-file archive berekstensi zip.

Artinya bahwa, tanpa program archive tambahan, Windows sebenarnya sudah dapat digunakan untuk membuka file zip Fitur ini dapat diakses melalui contexs menu yang ada pada windows explorer.a

Untuk membuka zip file melalui context menu windows explorer adalah sebagai berikut :

a. Cara membuka file zip di Windows 7

Sebelum memulainya pastikan bahwa anda telah memiliki sebuah file zip yang akan digunakan sebagai percobaan. Untuk membuka zip file, lakukan langkah berikut :

a.1. Buka windows explorer

Membuka windows explorer dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard, yaitu : tekan dan tahan tombol Windows kemudian tekan tombol E.

Atau bisa juga dengan cara :

- Arahkan mouse pada logo windows di area taskbar
- Klik kanan pada logo Windows
- Pilih Windows Explorer

a.2. Klik kanan pada file zip

Langkah selanjutnya adalah menemukan dimana letak file zip yang akan dibuka. Selanjutnya lakukan langkah berikut :

- Arahkan mouse pada nama file zip.
- Kemudian klik kanan untuk menampilkan context menu windows explorer.

a.3. Klik Open

Di dalam context menu window explore terdapat beberapa daftar pilihan. Selanjutnya,

-Klik Open pada context menu untuk membuka file zip.

Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


Cara membuka file zip melalui context menu windows explorer di windows 7


Selanjutnya akan muncul daftar file yang terdapat di dalam file zip tersebut. Pada contoh kali ini terdapat 3 file yang diletakkan di dalam 1 file dengan nama Contoh.zip,

Apabila diperhatikan, pada address bar windows explorer terlihat bahwa kita tengah berada di dalam file Contoh Zip, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Melihat isi file zip di windows explorer windows 7


Dalam contoh ini, kita akan mengekstrak kembali file Zip yang sebelumnya telah kita buat. Dan untuk mengekstrak file ZIP melalui Windows Explorer, maka kita akan kembali menggunakan konteks menu yang terdapat pada Windows Explorer.

Pertama, buka Windows Explorer. Pilih dan klik kanan pada file Zip yang diinginkan sehingga muncul konteks menu pada Windows Explorer.

Pilih Extract All.. pada konteks menu dan lanjutkan dengan menetukan lokasi, tempat dimana file-file hasil Ekstrak tersebut akan diletakkan.

Cara-ekstrak-File-Zip-menggunakan-Windows-Explorer-

Jika anda tidak menentukan lokasi, maka Windows 7 secara default akan meletakkan file-file hasil ekstrak ke dalam sebuah folder, sesuai dengan nama dan lokasi tempat file Zip tersebut berada.

Cara mudah untuk mengekstrak file Zip berikutnya adalah dengan kembali menggunakan program 7-Zip. Caranya hampir sama dengan cara yang telah kita lakukan sebelumnya.

Pertama, pilih file Zip yang akan di ekstrak. Selanjutnya klik kanan untuk menampilkan konteks menu di Windows Explorer.

Kedua, pilih 7-Zip pada daftar yang ada dan kemudian pilih Ekstrak ke Nama File\, seperti terlihat di bawah ini.

Cara-Ekstrak-file-Zip-menggunakan-7-Zip

Dengan cara tersebut, hasil ekstraksi dari semua file yang berada di dalam file Zip akan otomatis diletakkan pada sebuah folder, sesuai dengan nama file Zip yang bersangkutan.

Sebagai contoh, jika anda memiliki file Zip dengan nama Contoh Zip.zip, maka program 7-Zip akan secara otomatis membuat folder dengan nama Contoh Zip, dan akan meletakkan semua file hasil ekstrak ke dalam folder tersebut.

Secara garis besar, dari proses pembuatan hingga ekstrak file Zip akan memiliki urutan sebagai berikut;
File Awal --- File Zip --- Hasil Ekstrak.

Proses-pembuatan-hingga-ekstrak-file-Zip

Dengan demikian, file-file hasil ekstrak tidak akan bercampur dengan file-file lainnya, sehingga tidak membingungkan anda ketika akan mencari file hasil ekstraksi tersebut.

Untuk mengakses file-file yang telah ekstrak, carilah folder yang sesuai dengan nama file Zip tersebut.

Seperti pada contoh di atas, file Zip yang diekstrak adalah file dengan nama Contoh Zip.zip. Dengan demikian anda dapat menemukan file hasil ekstraknya di dalam folder Contoh Zip.

Terkadang, file Zip yang anda peroleh melalui internet atau kiriman dari seseorang, diproteksi dengan sebuah password. Jika memang demikian, akan muncul form konfirmasi untuk memasukkan password dari file Zip tersebut.

Cara mengekstrak file Zip yang diberi password adalah dengan memasukkan password dari file Zip tersebut. Tanyakan kepada pemilik file tersebut dan masukkan password yang diminta pada form konfirmasi untuk mulai mengekstrak file.

Membuka-file-Zip-yang-memiliki-Password

Itulah beberapa hal yang mungkin perlu untuk diketahui tentang bagaimana cara membuka file Zip dan cara membuatnya. Panduan di atas hanya merupakan uraian singkat. Masih banyak fitur-fitur dari 7-Zip yang mungkin perlu anda eksplorasi.

Apabila anda ingin mengirimkan file dalam jumlah yang banyak melalui internet, maka kemaslah terlebih dahulu file-file tersebut ke dalam bentuk file Zip, sehingga anda dapat mengefisienkan waktu pengiriman serta penerimaan data tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Membuka File Zip dan Cara Ekstrak File Zip di Windows"

  1. Parwanto8/09/2016

    Gimana klo ga tau password zipnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sulit juga mas.. Sepertinya harus bertanya kepada pemilik file tersebut

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel